-->

MACAM-MACAM SALAM PRAMUKA

Didalam Gerakan Pramuka kita sering mengucapkan atau melaksanakan yang namanya sebuah salam, atau yang lebih sering kita sebutnya dengan istilah Salam Pramuka
Lalu, apa yang dimaksud dengan salm pramuka ? Dalam artikel ini akan saya bahas satu persatu mengenai apa itu salam pramuka.

Macam-macam salam pramuka dan pengertiannya :

1. Salam Hormat adalah salam yang digunakan oleh setiap anggota pramuka yang ditujukan kepada sesuatu yang kita hormati. Seperti misalnya kepada Presiden, bendera Merah Putih, jenazah dan juga jenazah.

2. Salam Janji adalah salam yang digunakan oleh setiap anggota pramuka karena berkaitan suatu janji. Salam ini digunakan ketika kita mendengar atau melakukan janji pramuka yaitu Tristya di bacakan.

3. Salam Biasa adalah salam yang digunakan oleh setiap anggota pramuka kepada sesama anggota pramuka, misalnya ketika kita berjalan bertemu degan sesama anggota pramuka kemudin saling hormat.

CARA MELAKUKAN SALAM PRAMUKA

Lalu didalam Gerakan Pramuka kita juga mengenal bagaimana cara atau  melakukan salam pramuka. Tapi tenang, dalam artikel ini saya berbagi kepada para pandu Indonesia tentang tata cara  melakukan salam pramuka. 

Adapun cara melakukan salam pramuka :

1. Dengan menggunakan topi, yaitu tangan kanan hormat sperti biasa namun jari telunjuk berada di tepi topi sedikit maju, tapi yang lainnya tetap sama.

2. Dengan menggunakan tongkat. Dalam pelaksanaan ini, ada dua macam. 
    a. Tongkat diangkat disamping badan sebelah kanan, kemudian tangan kiri diangkat lurus didepan dada. Salam ini digunakan untuk menghormati misalnya pembina upacara atau yang sejenisnya
    
   b. Tongkat sedikit diangkat dan juga dimiringkan menyilang didepan badan, kemudian tangan kanan hormat seperti hormat biasa. hormat ini digunakan ketika bendera Merah Putih di kibarkan.

   c. Salam biasa sperti pada umumnya, salam ini digunakan ketik bertemu sesama anggota pramuka.

Demikian tadi sedikit penjelasan tentang macam-macam salam pramuka dan juga pengggunaannya, semoga bermnfaat dan salam dari penulis. Dan terusny memandu untuk elbih maju lagi.
Salam pramukaa

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MACAM-MACAM SALAM PRAMUKA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel