-->

data data tentang bp

1. BP dilahirkan di London Inggris, tanggal 22 Februari 1857. 

2. Nama lengkapnya adalah Robert Stephenson Smyth Baden Powell. 

3. Para pandu biasa memanggil beliau dengan sebutan Baden - Powell atau BP. 

4. Nama kecil beliau adalah Ste, Stephe atau Stephenson (paling sering dipanggil Stevie). 


5. Ayah BP adalah Prof. Domine Baden- Powell. Seorang guru besar di Oxford, Inggris. 

6. Ibunya adalah Miss Henrietta Grace Smyth, seorang putri dari admiral Kerajaan Inggris yang terkenal yaitu William T. Smith. 

7. BP mempunyai 9 orang saudara, yaitu : Warrington, George, Augustus, Frank, Penrose, Agnes, Henrietta, Jessie, dan Baden Fletcher. 

8. Ayah BP meninggal tanggal 11 Juni1860. Maka pada usia 3 tahun BP telahmenjadi anak yatim. 

9. BP disekolahkan oleh ibunya di Charterhouse pada tahun 1870. 

10. Kegiatan ekstra BP di Charterhouse /adalah :Marching Band, Klub menembak (Rifle Corps), teater, melukis dan menggambar, dan kiper kesebelasan Charterhouse. 

11. Di Charterhouse BP mendapat julukan “Bathing Towel”. 

12. Di usia 19, BP lulus dari Charterhouse. Setelah itu beliau memutuskan bergabung dengan dinas kemiliteran, atas bantuan pamannya Kolonel Henry Smyth. Setelah lulus beliau ditempatkan di India dengan pangkat pembantu letnan. 

20. Paman BP (Henry Smyth) adalah komandan dari Royal Military _(3Academy di Woolwich.o Setelah sempat berpindah-pindah,BP akhirnya di tugaskan di Mafeking. 

21. BP memimpin pertahanan kota Mafeking terhadap pengepungan bangsa Boer selama kurang lebih 217 hari (dari tanggal 13 Oktober 1899 sampai tanggal 18 Mei 1900). Karenanya beliau dinaikkan pangkatnya menjadi Mayor Jendral. 

22. Boden - Powell mendapat kanjulukan IMPESA yang berarti “serigala yang tak pernah tidur” dari suku - suku setempat seperti Zulu, Ashati, dan Metabele karena sifat waspada, cekatan, dan keberanian BP (seperti tindakan mengambil kalung manik-manik milik raja Dinuzulu). 

23. Raja Dinuzulu adalah raja Zulu dari tahun 1884 - 1889. Beliau adalah putra Raja Zulu Cetshway. Raja Dinuzulu meninggal pada tahun 1913. 

24. Pada tahun 1901 BP kembali ke tanah airnya Inggris dan disambut besar - besaran sebagai salah satu pahlawan bangsanya. Kemudian beliau sempat menulis pengalaman -pengalamannya dalam buku Aids To Scouting. 

25. Perkemahan pertama diselenggarakan tahun 1907 di Pulau Brown Sea (Brownsea Island) dan diikuti 20 orang anggota. 

26. Tahun 1908, BP menulis Scouting For Boys yang kemudian mengakibatkan perkembangan kepanduan semakin besar. 

27. Tahun 1910, BP meletakkan jabatannya di dinas ketentaraan dengan pangkat terakhirnya letnan jendral, dan mulai berkonsentrasi penuh pada kepanduan. 

28. Tahun 1912, BP mengadakan perjalanan keliling dunia untuk menemui para pandu di berbagai Negara. 

29. BP menikah dengan Olave St. Clair Soames (Lady Baden Powell) pada tahun 1912. 

30. Anak Baden Powell adalah Peter, Hater dan Betty. 

31. Jambore Dunia pertama diadakan pada tahun 1920 di Olympia, London, Inggris. 

32. Pada hari terakhir (6 Agustus 1920) Baden-Powell di angkat sebagai Chief Scout Of the Word atau Bapak Pandu Sedunia. BP juga dianugrahi gelar Lord Robert Baden Powell of Gilwell dan julukan Baron oleh Raja George 5. 

33. BP mengunjungi Batavia (sekarang Jakarta) pada tanggal 3 Desember1934 sepulang dari meninjau Jamboredi Australia. 

34. BP besertan Lady Baden-Powell menghabiskan masa-masa akhirnya dengan tinggal di Inggris (sekitar tahun 1935-1938) kemudian BP kembali ke tanah yang amat dicintainya, Afrika. 

35. BP menghabiskan masa tuanya di Nyeri, Kenya, Afrika dan akhirnya wafat pada tanggal 8 Januari 1941 dengan diantar di atas kereta yang ditarik oleh para pandu ke tempat peristirahatan terakhir. 

Dari kisah hidup Baden-powell kita dapat mengambil banyak pelajaran berharga. Tidak salah jika BP di anggap sebagai tokoh universal atau milik semua bangsa. Gerakan kepanduan yang BP dirikan sekarang telah menjadi satu organisasi besar yang mempunyai jumlah anggota yang tersebar di seluruh dunia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "data data tentang bp"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel